Sejarah Gitar Ukulele Dari Dunia Sampai ke Indonesia 2019/2020

Ukulele ialah sebuah alat musik yang cukup familiar di Indonesia, apalagi bagi para penggemar musik keroncong. Karena alat musik ini menjadi perangkat harus yang semestinya ada di dalamnya. Mungkin beberapa orang lebih mengetahui alat ini dengan nama kentrung (baca: kencrung). Asal muasal nama ini kemungkinan diambil dari bunyi suara yang dimunculkan dari alat hal yang demikian. Memang alat ini diketahui dengan ciri khas suaranya yang lain dari pada yang lain. Sebetulnya ini pulalah yang membikin alat ini demikian itu populer bagi masyarakat Indonesia.

Bagi anda yang berniat mempelajari alat musik ukulele ini, sebaiknya anda mengenal sejarah alat musik ukulele ini dapat eksis sampai dikala ini. Wawasan anda perihal ukulele semestinya betul – betul dilengkapi sekiranya anda berangan-angan menjadi pemain ukulele sejati, salah satunya mengenai sejarah munculnya alat musik ukulele ini. Hingga dari mana sih asal alat ini? Berikut ini ada sekilas perjalanan sejarah gitar ukulele, dari dunia sampai hingga ke Indonesia.

Sejarah Gitar Ukulele Sampai Mendunia

Sebetulnya amat populer di Indonesia, tetapi telah tahukah Anda bahwa terbukti ukulele tak berasal dari Indonesia? Ya, ukulele sendiri adalah alat musik yang berasal dari Hawaii. Alat ini dihasilkan pertama kali pada tahun 1879, sebagai salah satu alat tradisional Hawaii. Sejarah gitar ukulele sampai diketahui dunia diawali dikala para imigran Portugis mengerjakan perjalanan menuju kepulauan Hawaii untuk menetap disana. Perjalanan hal yang demikian memakan waktu yang cukup lama, diawali pada tahun 1878 hingga 1913.

Hingga nama absah ukulele ialah Braginho di braga, yang berasal dari bahasa Portugis. Alat ini pertama kali dibawa oleh imigran Portugis di kepulauan Hawaii. Dikala wujudnya yang sederhana, membikin alat ini gampang dibawa kemana-mana.

Singkat cerita, nama braginho di braga malahan berubah menjadi ukulele, yang diambil dari bahasa Hawaii. Secara istilah ukulele berasal dari kata “uku” yang artinya kutu loncat. Penamaannya malahan bukan tanpa alasan. Sejarah menceritakan bahwa asal nama ini terinspirasi dari seorang pemain musik bernama Fernandes. Semenjak ia memainkan ukulele, permainan jarinya amat pesat, menyerupai kutu loncat. dikala itulah orang-orang lebih mengenalnya dengan sebutan ukulele.

Seiring berjalannya waktu, alat musik ini terus menyebar luas ke seluruh penjuru dunia via jalanan imigran. Penyebarannya malahan tergolong amat cepat dibandingi alat musik lainnya pada zamannya. Sebetulnya ini menjadi petunjuk bahwa alat musik ini amat gampang diterima oleh kalangan masyarakat. Nah, terus bagaimana sejarah gitar ukulele ini dapat hingga di Indonesia?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.