PIANIKA

Pianika merupakan sebuah alat musik melodis yang dimainkan dengan metode ditekan. Tangga nadanya merupakan tangga nada yang kita ketahui, seperti do re mi fa sol la si. Sistem bermainnya dengan badan tegak.

Pianika merupakan salah satu alat musik gabungan yang ditiup dan ditekan. Sama halnya dengan piano yang mempunyai tuts nada tetapi bedanya pianika itu akan berbunyi sekiranya ditiup.

Berlatih Memainkan Alat Musik Melodis Pianika

Pianika merupakan alat musik tiup kecil sejenis harmonica, tapi menerapkan bilah–bilah keyboard yang luasnya sekitar tiga oktaf.
Pianika dimainkan dengan hembusan lantas, atau menerapkan pipa lentur yang dikaitkan ke mulut. Lazimnya pianika dimainkan sebagai alat pengajaran di sekolah.
Pianika tergolong alat musik tiup. Dalam bermain musik pianika bisa diaplikasikan untuk memainkan irama pokok, kontra irama, jikalau memungkinkan bisa juga untuk mengiringi nyanyian.
Kegunaan tuts pianika :
1. Tuts putih berfungsi untuk memainkan nada – nada pokok/autentik.
2. Tuts hitam berfungsi untuk memainkan nada – nada kromatis.
Dalam memainkan alat musik pianika, tangan kiri mengendalikan pianika dan tangan kanan menekan untuk memainkan irama nyanyian, walaupun mulut meniupnya. Sebagian halt yang perlu diamati dalam bermain alat musik pianika merupakan :
• Memainkan dengan lima jari, tiap jari memiliki tugas untuk menekan tuts – tuts tertentu.
• Sistem meniup diusahakan halus dan rata.
• Format tangan kanan seperti mengendalikan bola sehingga memungkinkan jari bergerak dengan leluasa.
Penjarian pada pianika biasannya mengaplikasikan tangan kanan yang terdiri dari :
• ibu jari , sebagai jari no 1
• jari telunjuk, sebagai jari no 2
• jari tengah, sebagai jari no 3
• jari manis, sebagai jari no 4
• jari kelingking,sebagi jari no 5

Karena, nada itu akan berbunyi sekiranya ada getaran yang berasal dari udara hembusan kita.
Pianika itu sama dengan piano, bagus yang klasik ataupun elektrik. Melainkan, bedanya pianika mesti ditiup dahulu dalam memainkannya. Tak ada hembusan karenanya tak ada juga nada yang keluar walau tutsnya kita pencet.
Mempelajari pianika sungguh-sungguh menyenangkan loh. Melainkan, kita mesti merajai tekniknya sebelum memainkannya. Teknik peniupan dan juga mengetahui nada tutsnya. Karena, tiap tuts itu mempunyai nada tersendiri.
Sebelum memainkannya, kita secara khusus dahulu mengetahui tangga nada dan memahami lokasinya di tuts. Sesudah itu perlu juga ada pengendalian napas supaya napas kita panjang dikala memainkan pianika. Napas yang pendek akan juga memberi pengaruh hembusan dan nada yang dibuat.
Bermain pianika bisa dikerjakan untuk mengisi sebuah acara musik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.